March 03, 2020

Tips membuat Rumah Tahan Gempa

Indonesia menjadi salah satu negara yang rawan akan terkena musibah gempa, banyak masyarakat yang rumahnya hancur karena terkena gempa. Untuk meminimalisir kerugian, sebenarnya membangun rumah tahan gempa tentunya sudah menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan. 

Nah bagi Anda yang ingin membangun rumah tahan gempa berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan :

Pondasi Harus Dalam 

Saat membangun rumah pastikan pondasi dibuat lebih dalam, hal ini dilakukan agar pondasi tersebut dapat dengan kuat menopang beban yang ada. Pastikan juga permukaan tanah tidak terlalu lembek sehingga mudah untuk membangun rumah.

Mutu Beton yang Digunakan Harus Bagus 

Beton yang digunakan harus memiliki kualitas yang bagus, hal ini sangat penting, karena beton yang tidak memiliki kualitas yang bagus akan sangat mudah hancur saat gempa terjadi. Tidak hanya itu beton yang kurang bagus juga tidak mudah kering. 

Gunakan Rasio 1:5 untuk Adukan Semen 

Agar semen lebih kuat sebaiknya gunakan adukan semen dengan campuran batu kali serta pasir dengan komposisi 1:5. Hal ini sangat penting karena seperti kita ketahui fungsi dari semen adalah sebagai pengikat. 

GunakanTulangan Berukuran Minimal 12 mm 

Untuk menciptakan pondasi yang kuat, Anda harus menggunakan besi dengan ukuran diameter 12 mm, jika tulang besi yang digunakan dengan diameter kecil maka hal itu akan sangat riskan jika terjadi gempa. 

Untuk Anda yang ingin memiliki rumah anti gempa, sebenarnya saat ini sudah banyak pengembang yang membangun unit rumah dengan konsep anti gempa, salah satunya adalah Reiwa Town. perumahan yang di bangun oleh PT Perumnas Lida Group tersebut dibangun dengan teknologi konstruksi bangunan Jepang sehingga diyakini kuat dari terpaan gempa.

Rumah Reiwa Town ini dipasarkan dengan berbagai tipe yakni 39/72, 39/90, 47/90, 70/90, 81/120, 131/144, untuk Ruko 93/53, 106/58, 120/60, 150/75. Fasilitas yang ada pada perumahan ini pun terbilang cukup lengkap, yakni adanya Zen Garden, Earthquake Resistant, One Gate System, Jogging Track, Romantic road, Community park area, Tempat ibadah, Taman batu bernuansa Jepang, Taman bermain anak. 

 

Lihat Brosur

Isi detail kontak di sini agar kami bisa mengirimkan info ekslusif untuk Anda.
Contact Agent